Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sidoarjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD dan Pemkab Semarang Belajar FDS ke Kotawaringin Barat

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 28 Juli 2017 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - DPRD dan Pemkab Semarang mengunjungi Kabupaten Kotawaringin Barat untuk menimba ilmu dan berbagi ilmu pengetahuan tentang kajian bidang kesejahteraan yang menyangkut kegiatan pendidikan.

"Kita ingin belajar penerapan sekolah lima hari atau lebih dikenal dengan full days school (FDS)," kata ketua rombongan Badarudin yang juga Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Semarang, Jumat (28/7/2017).

Dia menjelaskan alasannya kenapa memilih Kotawaringin Barat sebagai tujuan kunkernya, menurutnya sementara daerah lain banyak yang menolak FDS terutama sekolah madrasah justru Kabupaten Kobar ini telah menerapkan sistem lima hari sekolah itu.

"Kami ingin mengetahui bagaimana cara, sehingga ada sekolah yang telah menerapkan sekolah lima hari, padahal seperti diketahui banyak yang menolak sistem belajar seperti itu," ujarnya.

Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah memaparkan bahwa setelah dilakukan sosialisasi terkait kebijakan full days school oleh dinas pendidikan kepada sekolah-sekolah ternyata ada beberapa sekolah yang menyatakan kesanggupannya dalam penerapan lima hari sekolah.

"Ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan sekolah lima hari dan mulai tahun ajaran 2017 sudah berjalan," paparnya.

Walau sebagian besar sekolah menyatakan kesiapannya menerapkan FDS ada kendala terkait dengan keberatan wakil presiden dengan sistem tersebut. Sejauh ini ada dua sekolah yang menyatakan kesiapannya dan akan diikuti sekolah lain.

Ia menjelaskan kunci dalam penerapan lima hari sekolah adalah kesiapan sekolah dalam mempersiapkan sarana dan prasarananya seperti tempat ibadah," Pada awalnya penerapan lima hari sekolah pihak sekolah banyak mendapat keluhan namun dengan berjalannya waktu siswa-siswi menjadi terbiasa, bahkan merasakan perbedaan dengan sistem belajar tersebut.

Diketahui, rombongan DPRD dan Pemkab Semarang ini diterima langsung oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah di ruang rapat bupati. (KOKO SULISTYO/B-6)

Berita Terbaru