Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DLH Kotim Berencana Tingkatkan Penanganan Sampah

  • Oleh Noor Annisa
  • 03 Agustus 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur berencana meningkatkan penangan masalah sampah. Seperti dengan membangun depo hingga menjadikan tempat pembuangan akhir (TPA) sebagai lokasi pendidikan anak sekolah.

Namun, Kepala DLH Kotawaringin Timur Sanggul L Gaol menegaskan bahwa rencana itu tidak bisa berjalan tanpa partisipasi dari masyarakat. "Kalau nantinya masyarakat sadar dan melakukan kewajiban membuang sampah pada tempatnya, program itu baru bisa dilaksanakan," ujarnya, Kamis (2/8/2017).

Ia menurutkan, pemerintah juga tidak bisa serta-merta menyalahkan masyarakat terkait permasalah sampah. Untuk itu, dirinya sebagai kepala instansi terkait akan berusaha memfasilitasi masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

Namun, katanya, perlunya ditegakkan pula aturan sesuai peraturan daerah bagi pengusaha yang membuang limbah sembarang. Sedangkan bagi pemulung hanya diperbolehkan membongkar sampah di TPA.

"Hanya di TPA baru mereka (pemulung) bisa memilah sampah. Mereka bisa memisahkan yang dapat dibuat kompos dan tidak. Kita akan carikan investor daur ulangnya sehingga mereka (pemulung) bisa langsung menjual ke situ dan dekat," ucap Sanggul. (NOOR ANNISA/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru