Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Radio Amatir Juga Berperan Dalam Memberikan Informasi Bencana

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Agustus 2017 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rupanya radio amatir saat ini tidak bisa dipandang remeh atau elektronik yang sudah tertinggal. Karena kecanggihannya tetap masih bermanfaat. Salah satunya untuk memberikan informasi bencana di daerah yang tidak ada sinyal dan juga terkait penanggulangan bencana.

Seperti yang dikatakan oleh Wakil Sekretaris Organisasi Radio Amatir Daerah (ORDA) Kotawaringin Timur (Kotim) Abdul Wahab, untuk telepon pintar masih ada kelemahan yakni harus ada sinyal. Sehingga saat jauh dari sinyal, maka tidak dapat digunakan. Di sinilah peran radio amatir, tetap bisa digunakan di daerah yang tidak ada pemancar telepon seluler, guna menyampaikan informasi terkait bencana alam, khususnya di Kotim. 

'Kami juga berpartisipasi dalam penyebaran informasi terkait bencana alam di Kotim,' ujar Wahab.

Wahab menjelaskan, dalam sejumlah kegiatan penanggulangan bencana, pihaknya diminta untuk mengirimkan anggotanya hingga ke wilayah pelosok Kotim. Hal itu dilakukan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dan juga informasi kepada pihak petugas ataupun hal lainnya. 

'Kami sangat senang bisa membantu dalam kegiatan penanggulangan bencana,' tandasnya.

Hal tersebut mereka lakukan demi membantu dan bermanfaat terhadap pembangunan daerah ini. Apalagi di Kotim ini masih banyak desa yang tidak terhubung sinyal telepon genggam. Sehingga radio amatir inilah menjadi pembeda dan dapat digunakan untuk memberikan informasi. 

Saat ini, pihaknya semakin aktif dalam berbagai kegiatan. Terutama terhadap kegiatan sosial maupun kegiatan kemanusiaan. (MUHAMMAD HAMIM/m)

Berita Terbaru