Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Industri Pengolahan Penyumbang PDRB Kotim Terbesar

  • Oleh Noor Annisa
  • 07 Agustus 2017 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sektor industri termasuk penyumbang terbesar sebagai pemasukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Hal tersebut dikatakakan Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri saat membuka Rakonreg se Kalimantan Tengah di Bappeda, Senin (7/8/2017). "Sektor industri pengolahan menjadi penyumbang terbesar ke dua terhadap PDRB Kotim yang mencapai 16,15 persen. Secara komparatif relatif memiliki potensi menjadi sektor unggulan,"sebutnya.

Dijelaskannya, Pemda secara administratif untuk mendukung percepatan pertumbuhan sektor industri telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Kotim tahun 2015-2035, yang di dalamnya telah ditetapkan kawasan peruntukan industri.

"Terletak di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Kecamatan Mentaya Hilir Utara dengan total luas 2.186, 3 hektare," terangnya.

Menurutnya, kawasan tersebut diharapkan dapat menpercepat pertumbuhan industri di daerah yang pada akhirnya dapat memperkuat struktur ekonomi di daerah dan memberikan implikasi positif terhadap penguatan industri nasional.

Meskipun pada pejalanannya, lanjut Taufik, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam pengembangan industri tak jarang dijumpai beberapa hambatan, seperti penguasaan lahan, peraturan pertanahan yang tidak kondusif, meningkatnya harga lahan dan kurangnya infrastruktur untuk mendukung kawasan industri.

"Untuk itu Pemkab Kotim dan para pemangku kepentingan terkait akan terus berupaya untuk dapat menyelesaikan tantangan tersebut, khususnya terkait dengan infrastruktur, sebab pengembangan kawasan industri dapat memberikan efek berganda terhadap sektor ekonomi lain hingga diharapkan dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru