Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencegahan Karhutla Harus Libatkan Semua Elemen

  • Oleh Naco
  • 07 Agustus 2017 - 22:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Hero Harapanno Mandouw meminta pemkab harus melibatkan semua komponen baik itu perusahaan besar swasta, masyarakat desa, TNI, Polri atau relawan kebakaran terkait penanggulangan karhuta.

"Saat ini sudah mulai terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata Hero Harapanno, Senin (7/8/2017).

Hero mengatakan, dalam menghadapi musim kemarau yang diikuti bencana kebakaran hutan dan lahan, harus melibatkan semua pihak untuk bersama-sama mencegahnya.

"Peran dari perkebunan besar kelapa sawit yang ada wajib, suka tidak suka harus terlibat membantu. Seperti memberikan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan secara dini kepada warga di area perkebunan. Bahkan lebih bagus lagi jika PBS membantu peralatan pemadam kebakaran, serta peralatan untuk membersihkan lahan," tukas Hero.

Hero menjelaskan, pencegahan tidak hanya mengajak masyarakat untuk tidak membakar lahan saja, akan tetapi juga diperlukan solusi yang dapat diterima.

"Perlu pemberian pemahaman kepada masyarakat bagaimana cara berladang dan berkebun dengan tidak membakar lahan. Penyuluh pertanian harus aktif mendampingi petani agar bisa bertani dengan cara ramah lingkungan," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru