Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 20.000 UKM di Kotawaringin Timur

  • Oleh Noor Annisa
  • 08 Agustus 2017 - 13:34 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mencatat ada 20 ribu lebih usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang tersebar di 17 kecamatan.

Dikatakan Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Kotim, John Fredi, jumlah itu terbagi menjadi delapan sektor usaha. Yakni hotel, perdagangan, dan rumah makan, sektor industri pengolahan, sektor pertanian, perkebunan dan perikanan, sektor pertambangan, sektor angkutan, sektor bangunan dan kontruksi, sektor persewaan, dan sektor jasa.

"Data yang kita peroleh sampai Desember 2016 ada sekitar 20.332, kalau sampai dengan sekarang itubertambah sekitar 2.000 UMKM,"katanya, Selasa (8/8/2017).

Pihaknya menargetkan ada penambahan sehingga jumlah menjadi 30 ribu UMKM pada 2018, sehingga untuk menggalakan pertumbuhan dan perkembangannya, pihak dinas memberikan pelatihan kewirausahaan dan memasarkan produk olahan lokal hingga ke daerah luar melalui even seperti pameran.

"Selain pelatihan kewirausahaan ada juga penyelenggaraan industri rumah tangga, dimana kita memberikan pelatihan sesuai kebutuhan UKM," imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengtakan saat ini dinasnya baru saja membentuk Lembaga Penggerak Masyarakat Industri UMKM yang akan mengarahkan pelaku UKM aktif berproduksi untuk membentuk koperasi sebagai badan hukumnya. (NOOR ANNISA/B-6)

Berita Terbaru