Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Sukamara Tes HIV pada Tahanan Polres

  • Oleh Norhasanah
  • 11 Agustus 2017 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Sukamara melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap tahanan polres, Jumat (11/8/2017). Hal tersebut salah satunya juga untuk mengetahui ada tidaknya tahanan yang menderita HIV AIDS.

"Dalam pemeriksaan ini kita bekerjsama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah," kata Kepala Seksi Pengendalian Penyakit (P2) Dinkes Sukamara, Benson Nababan.

Menurut Benson, kegiatan yang melibatkan tiga istansi tersebut bertujuan untuk memastikan kesehatan tahanan, agar tetap sehat selama menjalani hukuman.

"Tahanan ini dari berbagai latar belakang baik penggunan narkoba atau lainnya. Perlu adanya pemeriksaan kesehatan dan memastikan bahwa mereka sehat serta tidak mengidap HIV," tuturnya.

Melalui pemeriksaan tersebut maka pihaknya bisa mengetahui kondisi tahanan. Sehingga saat ada tahanan yang terdeteksi mengidap HIV, maka bisa diambil tindakan.

"Jika memang ada maka kita bisa melakukan tindakan pencegahan sesuai dengan aturan dan program yang dijalankan. Kemudian kita bisa mencegah terjadinya penularan terhadap orang lain." ujar Benson Nababan. (NORHASANAH/B-11) 

Berita Terbaru