Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Lamandau Buka Sosialisasi Dana Desa dan TP4D bagi Aparatur Desa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Agustus 2017 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sekretaris Daerah (Sekda) Lamandau, Arifin LP Umbing secara resmi membuka sosialisasi Dana Desa yang digelar Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) di Aula Bappeda Lamandau, Kamis (24/8/2017).

Kegiatan yang digelar serentak secara nasional tersebut diikuti oleh perwakilan aparatur desa se-kabupaten Lamandau mulai dari Kades hingga bendaharawan desa. Hadir pula Kepala Kejaksaan Negeri Lamandau Ronald H Bakara.

Dalam kesempatannya, Sekda Arifin mengatakan, sosialisasi Dana Desa yang digelar TP4D tersebut memiliki manfaat yang sangat besar. Pasalnya, kata dia, dengan sosialisasi ini semua aparatur desa diingatkan untuk melakukan pengelolaan keuangan desa dengan efektif, efisien dan tepat guna dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Sosialisasi ini tentu sangat bermanfaat guna mendukung terciptanya iklim pengelolaan dana desa yang sesuai ketentuan perundang-undangan serta dilandasi prinsip akuntabilitas," katanya.

Kegiatan ini, ujarnya lagi, sangat penting diikuti oleh aparatur desa mengingat yang disampaikan oleh sejumlah narasumber (dari DP4D, Inspektorat dan DPMD) nantinya akan banyak yang bersinggungan langsung dengan persoalan teknis pengelolaan keuangan yang sering dihadapi aparatur desa di lapangan.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjembatani kesulitan yang seringkali dihadapi aparatur desa, baik dalam pengelolaan maupun laporannya," tukas mantan Kepala Bappeda Lamandau itu.

Diketahui, untuk slot Dana Desa tahun 2017 di Kabupaten Lamandau mencapai angka sebesar Rp61,237 miliar, yang terbagi 85 desa dengan masing-masing desa mendapat jatah kurang lebih Rp750 juta. Jumlah itu belum termasuk anggaran dari ADD dan juga DBH&RD. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru