Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Karhutla Usulkan Hujan Buatan di Palangka Raya

  • Oleh Budi Yulianto
  • 24 Agustus 2017 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Kota Palangka Raya akan mengusulkan hujan buatan ke pemerintah pusat. "Pengalaman 2015, kerugian negara akibat kebakaran di tujuh provinsi di Indonesia mencapai Rp221 triliun. Dan orang-orang di sini sudah berpengalaman. Sudah merasakan menghirup asap. Nah untuk menghindari kerugian yang besar itu, kami mencetus untuk mengadakan hujan buatan di akhir musim hujan ini," kata Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Anwar Sanusi, Kamis (24/8/2017).

Dia menuturkan, hujan buatan paling tidak dilakukan awal September atau pertengahan September. "Kalau sebulan saja dibuat hujan buatan terus, itu akan mengurangi resiko terjadinya kebakaran. Pasnya awal atau pertengahan September diadakan hujan buatan. Ini usulan kita," tambahnya lagi.

Soal anggaran berapa yang dibutuhkan untuk hujan buatan, masih dalam tahap penyusunan. "Anggaran nanti dari pusat," tuturnya.

Sementara itu, Dandim 1016/7Plk Letkol Alfius Navirinda Krisdinanto mengatakan, sesuai data BMKG, musim penghujan cuma sampai pada minggu ketiga bulan Agustus. Awal September bisa diprediksi kering. "Hujan buatan akan diajukan secepat mungkin. Nanti persetujuannya dari pusat apakah sudah waktunya atau belum," ucap Alfius. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru