Desa Kanamit Jaya Harus Perhatikan Ini pada Lomba HATINYA Tingkat Nasional

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Agustus 2017 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Desa Kanamit Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten harus mempertimbangkan beberapa hal jika ingin menjadi yang terbaik pada lomba pemanfaatan Halaman Asri Teratur Indan dan Nyaman (HATINYA) PKK tingkat nasional 2017.

Desa yang bertempat di wilayah Pangkoh IX, Kecamatan Maliku itu akan dinilai oleh tim pusat pada Selasa (29/8/2017). Desa tersebut bakal bersaing dengan empat desa di provinsi lain seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau, M Syaripur Pasaribu, Senin (28/8/2017) mengatakan, pihaknya sudah memberikan bimbingan ke desa setempat bahkan juga langsung disampaikan Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo.

Beberapa hal yang akan akan dinilai di antaranya, rumah yang memanfaatkan tanah pekarangan untuk HATINYA PKK 80% dari jumlah 1RT/RW. Kemudian, rumah yang menanam lumbung hidup (sumber karbohidrat), warung hidup (sayuran, buah-buahan dan tomat), menanam apotik hidup (tenaman obat keluarga) masing-masing 80%.

Selanjutnya, 80% menanam cabe, rumah dan halaman tertata rapi dan indah, adanya pengolahan sampah, bunga yang indah, melakukan budidaya ikan, ternak ayam, kambing dan sapi. Lalu jika tidak ada halaman, bisa ditanam menggunakan polibek.

Tidak hanya itu, juga adanya inovasi seperti kompos, blogas, memanfaatkan bahan bekas untuk sarana menanam, pembibitan untuk tanaman ikan, ternak dan lain-lain.

Dia berharap Desa Kanamit Jaya bisa terpilih menjadi yang terbaik demi mengharumkan nama Kalteng. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru