Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Muara Teweh Penjualan Sapi Kurban Menurun

  • Oleh Ramadani
  • 30 Agustus 2017 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Mendekati Hari Raya Idul Adha 1438 H, permintaan pembelian hewan kurban di Kabupaten Barito Utara mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Ir Setia Budi melalui Kabid Peternakan, Indah Utari mengatakan pada 2017 ini permintaan hewan kurban menurun dibanding tahun lalu.

'Sebab berdasarkan hasil pemeriksaan tim teknis kesehatan hewan dari beberapa lokasi tempat penjualan berjumlah 192 ekor sapi dan 132 ekor kambing mengalami penurunan,' katanya.

Pada 2016 permintaan hewan kurban sebanyak 220 ekor sapi dan 142 ekor kambing. Penurunan ini cukup drastis, karena kondisi ekonomi masyarakat yang belum terlalu mengairahkan.

Dikatakan, puluhan ekor sapi yang didatangkan ini sebagian berasal dari hasil kelompok peternak, namun ada juga dari Kalimantan Selatan dan Bima, NTB.

Menurunnya penjualan sapi ini diakui Rijali. Dia menjual sapi kurban di Jalan Nenas. Dia mendatangkan sapi dari Bima. 'Tahun ini permintaan hewan kurban sangat menurun, sehingga tidak berani mendatangkan lebih banyak,' tegasnya.(RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru