Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Pengelola Arsip di SOPD Harus Bisa Pilah Dokumen

  • Oleh Epra Sentosa
  • 06 September 2017 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Yokdie mengingatkan pengelola arsip di setiap satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) supaya bisa memilah dokumen statis dan dinamis. Supaya dokumen itu dapat disimpan di gedung arsip daerah.

"Bila arsip yang sifatnya statis, bisa disimpan di gudang arsip daerah untuk diamankan," ujar Yokdie kepada wartawan saat berada di kantor DPRD Gumas, Rabu (6/9/2017).

Menurut dia, beberapa hari lalu pihaknya telah menggelar pelatihan kearsipan untuk pengelola arsip di SOPD. Pelatihan itu dimaksudkan supaya dokumen setiap SOPD dapat dikelola dengan baik. Di samping itu, pengelola arsip juga memahami dan dapat memilah dokumen yang akan disimpan di gudang arsip daerah.

"Kita harapkan ke depan arsip daerah bisa terkelola dengan baik. Sehingga bila diperlukan pemerintah mudah mencarinnya," sebut Yokdie.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan SOPD supaya mendukung pengelolaan arsip daerah. Dengan demikian akan membawa dampak positif bagi Kabupaten Gunung Mas. (EPRA SENTOSA).

Berita Terbaru