Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulang Pisau Darurat Stunting

  • Oleh James Donny
  • 07 September 2017 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pulang Pisau menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang mengalami darurat stunting. Hal itu terkuak dalam kegiatan Orientasi Jurnalis Kampanye Gizi Nasional dan Sanitasi yang digelar IMA World Health di Palangka Raya, Kamis (7/9/2017).

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan tidak sesuai kebutuhan. Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, angka stunting di Kabupaten Pulang Pisau mencapai 47%.

Iwan Hasan dari IMA World Health menyebutkan bahwa angka stunting di Kabupaten Pulang Pisau sudah masuk kategori darurat. Sebab, hasil riset kesehatan dasar mencatat angka stunting nasional hanya 37,2%.

Iwan menjelaskan, penyebab stunting ialah karena kekurangan gizi pada balita. Hal itu sangat berpengaruh terhadap intelegensi anak.  Kendati demikian, stunting masih dapat dicegah dengan memastikan kesehatan dan kecukupan gizi anak dan ibu hamil, serta kondisi kebersihan lingkungan.

Hal tersebut harus didukung setiap elemen masyarakat, termasuk jurnalis yang dapat memberikan edukasi melalui pemberitaan, khususnya terkait masalah stanting yang mengancam anak bangsa. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru