Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aksi Bela Rohingya Kalteng Sisihkan Rp 55,5 juta

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 09 September 2017 - 08:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Empati rakyat Kalimantan Tengah (Kalteng) terhadap muslim Rohingya, Myanmar patut diacungi jempol. Aksi solidaritas Bela Umat Islam Rohingnya, di Ibu Kota Kalteng ini berhasil mengumpulkan dana hingga Rp 55,5 juta lebih.

Aksi yang berlangsung Jumat (8/9/2017) siang yang dimulai dengan longmarch menuju Bundaran besar, dilanjut dengan orasi dan penggalangan dana itu mendapat pengawalan ketat kepolisian. Walaupun begitu, aksi berjalan damai dan tertib.

Dari eskalasi massa, sekitar lima ratusan warga berasal 72 organisasi tergabung dalam aksi massa tersebut, baik dari kalangan dewasa, anak-anak, remaja, maupun pelajar. Aksi solidaritas Bela Umat Islam Rohingnya ini juga dihadiri Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail.

"Infaq yang sudah terkumpul sebesar Rp.55,536 akan disalurkan kepada institusi Pemerintah Pusat. Semoga sumbangan atau infaq ini akan terus bertambah," kata Ketua KUI Kalteng Rumsyah Bagan.

Kata Rumsyah, ini merupakan aksi kepedulian terhadap muslim Rohingya yang mendapat perlakuan tidak manusiawi oleh Pemerintah Myanmar. Apalagi umat muslim yang terdzalimi, Bersyukur pada hari ini, kepedulian sosial telah nampak.

Pemerintah, kata Rumsyah, harus terus berupaya dengan segala cara menghentikan kekerasan yang menimpa Muslim Rohingya. Sedangkan kepada Pemerintah Myanmar, selain agar menghentikan pembantaian tetapi juga Myanmar harus mencari solusi atas tragedi tersebut.

Sementara itu, Wakil Gubernur Habib Said Ismail yang ikut dalam aksi tersebut, menyumbang dari kantong pribadinya sebesar Rp 10 juta.  (ROZIQIN)

Berita Terbaru