Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Harus Usahakan PAD dari Sektor Pariwisata Tergali Maksimal

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 September 2017 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tentu tidak ada pihak yang menginginkan adanya kebocoran pendapatan asli daerah (PAD).

Tidak para wakil rakyat yang duduk di bangku DPRD, tidak pula pemerintah daerah selaku pemangku kepentingan. Hal ini diungkapkan Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti. Untuk mencapai hal yang diinginkan ini tentunya harus ada upaya berarti dari pemerintah untuk mencegah kebocoran PAD, terutama dari sektor pariwisata.

"Kita tentu tidak mengharapkan terjadi kebocoran PAD dari sektor pariwisata. Mengingat potensi untuk PAD memang ada dan bisa dikelola secara maksimal dari sektor pariwisata harusnya ini bisa dimanfaatkan," ungkap Alfian, Selasa (12/9/2017).

Menurut politisi Gerindra ini memang sebagian obyek wisata ada yang telah dikelola sebagai sumber PAD oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, seperti halnya obyek wisata Pelabuhan Kereng Bangkirai, Sei Gohong dan Flamboyan bawah.

"Namun ada juga objek wisata di tempat lain, misalkan Taman Alam Bukit Tangkiling dan Arboretum yang masih belum jelas kewenangannya siapa," tuturnya.

Mengacu hal tersebut, Pemko menurut Alfian harus segera menindaklanjuti serta mengkoordinasikan bagaimana bentuk pengelolaannya agar sumber PAD sektor wisata dapat tergali dengan maksimal.

"Ya, maka dari itu, dinas pariwisata harus berkoordinasi dengan pihak camat dan lurah ataupun pihak ketiga bagaimana mengenai pengelolaanya. Dengan penekanan kontribusi bagi PAD wajib ada sehingga tidak ada kerugian di kemudian hari," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru