Bhayangkari Serahkan Rp19 Juta Biaya Perawatan Sembilan Orangutan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 September 2017 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Bhayangkari Kalteng Lina Anang Revandoko menyerahkan biaya perawatan sembilan orangutan yang diadopsi sebesar Rp19 juta. Dana itu diserahkan kepada Manajer Program BOSF Nyaru Menteng, Denny Kurniawan, Kamis (14/9/2017).

"Adopsi ini merupakan program kedua dalam rangka pelestarian hutan khususnya kelangsungan hidup orangutan di Kalteng," kata Lina.

Istri Kapolda Kalteng ini berharap, ke depannya Bhayangkari bisa ikut serta dalam program Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) demi kelestarian orangutan.

Sementara itu, Denny mengatakan, adopsi dalam arti bukan membawa orangutan, melainkan salah satu program penggalangan dana yang tujuannya membantu kelangsungan hidup primata dilindungi tersebut.

Dana yang diperoleh akan digunakan untuk biaya hidup orangutan yang diadopsi, juga bisa digunakan untuk membantu kelangsungan hidup dari rekan orangutan yang telah diadopsi itu. "Pola adopsi ada beberapa jenis. Ada adopsi satu bulan dan satu tahun. Untuk ibu Bhayangkari ini satu tahun," ungkapnya.

"Intinya, adopsi membantu biaya operasional. Jadi paling tidak kesejahteraan orangutan di sini terjamin. Kalau terjamin tingkat kepunahan akan berkurang," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru