Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wah, Baru Pilih Opsi Dana Multiyears Jadi Silpa, Oknum Dewan Ini Langsung Nagih Uang Perjalanan Dinas, tak Tahu Malu!!!

  • Oleh Naco
  • 15 September 2017 - 06:34 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 11 orang dari 21 anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) sepakat dana multiyears Rp40 miliar dijadikan sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa), sehingga dipastikan berdampak tidak ada lagi perjalanan dinas terhadap anggota dewan.

Namun, baru berselang beberapa saat salah satu oknum anggota Banggar yang sepakat dana itu di-Silpa-kan langsung mengusulkan ke unsur pimpinan ingin melaksanakan perjalanan dinas. Sontak saja hal tersebut langsung ditolak.

"Masak nagih perjalanan dinas Sudah jelas sepakat dana itu (multiyears) di-Silpa-kan malah nagih perjalanan dinas. Kan termasuk dia sendiri yang menginginkan itu demikian (Silpa), jadi jangan nagih-nagih perjalanan dinas lagi," kata Wakil Ketua DPRD Kotim Parimus, Kamis (14/9/2017).

Karena, menurut Parimus, konsekuensi menjadikan dana multiyears sebagai Silpa tentu akan berdampak ke semua sektor tidak hanya pada eksekutif saja namun juga kepada pihak legislatif.

"Maka malam itu sudah jelas, disampaikan konsekuensinya apa, malah minta perjalanan dinas," tukas Parimus.

Menurut Parimus, dampak tersebut sehingga tidak ada lagi anggaran untuk perjalanan dinas. Sehingga  harus konsekuen atas pilihannya tersebut. Mengingat, sebelum voting dilakukan rapat kompilasi yang ditunda itu kepada anggota Banggar sudah dijelaskan apa konsekuensi jika dana multiyear jadi Silpa atau digeser.

Oknum anggota dewan yang menagih perjalan dinas itu juga beberapa waktu sempat dikiritik oleh rekannya sesama komisinya lantaran saat teman-teman mereka, khususnya di Komisi II tengah melakukan pembahasan APBD Perubahan 2017 dengan mitra kerja ia malah meninggalkan jadwal pembahasan dengan melakukan perjalanan dinas. (NACO/B-5)

Berita Terbaru