Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Satgas Karhutla Tetap Patroli meski Hujan Mengguyur Kota Palangka Raya

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 September 2017 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Satuan Tugas (Satgas) pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tetap melakukan patroli meski saat ini hujan masih mengguyur kota cantik.

Ini sebagai langkah cepat apabila terjadi kebakaran dapat segera mungkin diatasi. Masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan pembakaran. "Giat patroli terus kita laksanakan dan aktif melakukan pemadaman (apabila terjadi kebakaran) sebelum api membesar," kata Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Czi Alfius Navirinda Krisdinanto kepada Borneonews.co.id, Minggu (17/9/2017).

Beberapa hari lalu, Komandan Satgas pencegahan Karhutla Kota Palangka Raya ini juga mengingatkan bahwa Tim Serbu Api Kecamatan (TSAK) menjadi ujung tombak pencegahan Karhutla. "Dalam penanganan kebakaran itu ada SOP-nya. Kalau kebakaran di pemukiman, Damkar yang menjadi utama. Namun apabila terjadi kebakaran lahan, TSAK yang paling utama. Yang lainnya ikut mendukung," kata Alfius, Kamis (24/8/2017).

Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Anwar Sanusi U Gayo mengatakan, TSAK merupakan perangkat dari kecamatan. TSAK juga yang menjadi pertama kali mengetahui terjadinya kebakaran di wilayahnya.

Dalam upaya memantau titik api, tim Satgas juga dibekali ponsel android yang didalamnya terdapat aplikasi GPS Map Kamera. Menurut Dansatgas, aplikasi tersebut akan memudahkan petugas untuk mengetahui dengan cepat lokasi jika terjadi kebakaran.

Sementara itu, dari beberapa peristiwa kebakaran lahan yang terjadi, peristiwa terakhir yakni di Jalan Adonis Samad, Palangka Raya, Senin (11/9/2017). Tim Satgas Karhutla, baik dari Polri, TNI, Manggala Agni dan Damkar Kota Palangka Raya langsung terjun ke lokasi kejadian. Dua jam pascakejadian sekitar pukul 16.00 WIB, api baru bisa padam.

Kejadian tersebut diduga ada unsur kesengajaan. Pasalnya, polisi mengamankan dua orang yang diduga sebagai pelakunya. Dua orang itu kemudian dibawa ke Polres Palangka Raya untuk proses lebih lanjut. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru