Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan di Palangka Raya Bantu Cegah Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 September 2017 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Czi Alfius Navirinda Krisdinanto bersyukur karena Kota Palangka Raya masih diguyur hujan. Sebab, turunnya hujan dapat membantu mengatasi ancaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kita sangat bersyukur karena masih ada hujan," kata Alfius Navirinda Krisdinanto kepada Borneonews.co.id, Minggu (17/9/2017) malam.

Beberapa hari lalu tepatnya pada Kamis (24/8/2017), di hadapan Dandim, Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka, Anwar Sanusi U Gayo menyarankan supaya mengusulkan hujan buatan ke pemerintah pusat.

Ini berdasarkan pengalaman musibah kabut asap yang terjadi di 2015. Di mana kerugian akibat kebakaran di tujuh provinsi se Indonesia termasuk salah satunya di Kalteng mencapai Rp221 triliun. Oleh sebab itu, pencegahan lebih baik dari pada mengatasi setelah terjadi.

Di hari yang sama, Dandim mengatakan, sesuai data BMKG, musim penghujan cuma sampai pada minggu ke 3 bulan Agustus. Awal September bisa diprediksi kering. Sedangkan saat ini sudah memasuki pertengahan September.

Dengan masih turunnya hujan di Kota Cantik, hujan buatan sepertinya masih belum diperlukan. "Kita masih dapat hujan," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru