Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kompetisi Posyandu Terintegrasi Astra Agro Lestari Area B1

  • Oleh Advertorial
  • 19 September 2017 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - KADER HEBAT, POSYANDU KUAT, KELUARGA INDONESIA SEHAT, adalah tema dari acara CSR Kesehatan Astra Agro Lestari Borneo 1 yang telah dilaksanakan pada Sabtu, 16 September 2017 di Aula GSDI GSYM.

Acara ini adalah acara tahunan rutin yang telah dilaksanakan Astra Agro Lestari (AAL) Borneo 1 sejak 2013. Khusus di tahun ini, kompetisi yang dilaksanakan lebih banyak dan juga banyak penghargaan bagi insan kader Posyandu. Berikut ceritanya.

AAL B1 kembali mengadakan kompetisi Posyandu Terintegrasi yang dilaksanakan oleh Tim CSR Kesehatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat dan Puskesmas setempat. Ada 3 Kompetisi dan 1 Penganugerahan bagi kader Posyandu yang telah mengabdi selama 20 tahun.

Kompetisi yang dilaksanakan meliputi 1).Lomba Balita Sehat ASTRA, 2) Lomba CERDAS CERMAT Kader ASTRA, 3) Lomba Kreatifitas Kader ASTRA.

Acara ini dihadiri oleh Bapak Nazri, selaku CD Area Manger AAL B1, Bapak Ketut Ariawan Administratur PT GSDI GSYM, Bapak Pande Nyima S Administratur PT GSIP AMR, Bapak Gunawan Administratur PT GSPP, Bapak Hidayattusayakban CDO SINP PBNA, Ibu dan Bapak Dokter, Ibu IIKA selaku pembina Posyandu, serta tim polibun perwakilan AAL B1.

Dalam sambutannya Bapak Nazri selaku salah satu pimpinan Astra Agro Lestari Borneo 1 memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi Ibu-Ibu penggerak Kader Posyandu dalam menjalankan aktifitasnya guna memelihara kesehatan anak-anak karyawan di lingkungannya.

Bapak Arif perwakilan dari Dinas Kesehatan juga menyampaikan bahwa AAL sangat konsisten dalam melaksanakan pogram CSR bidang Kesehatan. Program tersebut juga sangat membantu Pemerintah dalam cakupan program dan wilayah kerja. Berbagai penghargaan telah diraih Astra Agro Lestari (AAL B1) dalam berbagai kompetisi baik tk Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

Lomba Balita Sehat ASTRA dilakukan di wilayah Posyandu Internal (karyawan) Perusahaan dan Posyandu Eksternal (Desa Binaan) atau Ring 1 Perusahaan. Pesertanya adalah balita sehat terpilih mewakili tiap Site dengan umur 2 s.d 5 tahun dengan kategori yang disesuaikan oleh Kemetrian Kesehatan RI yaitu 1) Kesehatan Fisik bagus ; 2) Status imunisasi dan kesehatan Ibu Ayah Baik, 3) status gizi NORMAL, 3).Kesehatan Gigi dan Mulut baik; 4). Tumbuh Kembang atau psikologis anak baik atau sesuai dengan umurnya.

Total balita terpilih adalah 10 anak, yang terdiri dari 5 balita dari wialayah Posyandu Internal dan 5 balita dari wilayah Posyandu Eksternal.

Juri atau Tim Penilai berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat yaitu Ibu Novy Cahyani dari Bagian Gizi, Bapak Eriko selaku Psikolog Anak , dan Pak Ahmad Perawat Gigi Puskesmas Arut Selatan.

Dari hasil penilaian didapatkan bahwa hampir 50% balita terpilih memiliki kekurangan dalam hal sosialisasi dan kesehatan gigi serta mulutnya. Hal ini menjadi perhatian penting bagi orang tua dan praktisi Kesehatan.

Juara I untuk Posyandu Internal adalah Balita atas nama Alvarro Posyandu Binaan PT NAL (ASTRA Kab. Lamandau) sedangkan Juara I untuk Posyandu Eksternal adalah atas nama Alexy dari PT GSIP AMR Desa Pangkalan Dewa. Kesepuluh peserta balita dan juara mendapatkan piala, sertifikat penghargaan dan mainan edukatif terbaru.

Lomba CERDAS CERMAT Kader dilaksanakan pada Sabtu, 16 September 2017 di aula PT GSDI GSYM dengan peserta kader Posyandu per Site terpilih, masing-masing 2 orang. Lomba berupa quiz dan penyuluhan. Materi lomba berasal dari Buku Panduan KADER Posyandu warna Hijau. Pemenang dari Lomba CERDAS CERMAT Kader ini juga akan mewakili AAL B1 di tk Provinsi dalam Jambore PKK 2017 di Palangkaraya untuk Lomba Penyuluhan tentang Lingkungan dan Kesehatan tanggal 24 s.d 27 September 2017.

Hal menarik dari lomba ini adalah bagaimana peserta dapat memahami setiap soal dan kerjasama tim dalam menjawab soal terlihat dari masing-masing peserta. Juri Lomba ini adalah Bapak Arif dari Kabid Sumber Daya Kesehatan yang juga wakil PKK Kabupatem Kotawaringin Barat. Pemenang ke 1 diraih oleh Kader GSIP AMR Ibu Nurhidayati dan Ibu Sutini kategori Posyandu Internal, sedangkan kategori Posyandu Eksternal ada Ibu Nining dan Ibu Neni dari PT NAL.

Lomba kreatifitas Kader adalah cikal bakal dari Kewirausahaan bagi Ibu-Ibu istri Karyawan AAL B1. Bahan yang digunakan berasal dari sampah anorganik non ekonomis seperti bungkus deterjen, bungkus kopi, pewangin, cuci piring dan sejenisnya. Tim penilai berasal dari perwakilan Ibu PKK Kabupaten Kotawaringin Barat. Berbagai macam bentuk mulai dari tas, dompet, tudung saji, tutup galon, dompet, pot bunga, kotak tisu, dan kaligrafi pajangan pun ada di sini...

Sungguh terharu dan takjub melihat hasil mahakarya Ibu-ibu semua dalam memanfaatkan sampah anorganik ini. Pemenangnya adalah Kader Posyandu Internal GSPP, Ibu Jose dan Ibu Pasur. Mereka murni membuat dari bahan full sampah palstik bungkus makanan tidak ada tambahan dari palstik atau tutup botol, sangatlah istimewa. Hasil karya terbaik akan dipublikasikan kepada Pemerintahakan Kabupaten Kotawaringin Barat (Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata dan Perpustakaan Kabupaten, serta UMKM).

Puncak acara kami berikan penghargaan khusus bagi kader Posyandu yang telah mengabdi selama 20 tahun di Posyandu masing-masing. Wilayah PT GSIP AMR ada Ibu Rukmini yang telah mengabdi sejak tahun 1987, wilayah GSDI GSYM ada Ibu Warsih yang mengabdi sejak 1991, wilayah PT GSPP ada Ibu Kohar Yuliana Kader Posyandu Desa Sungai Pakit hampir 26 tahun menjadi kader dan wilayah Pangkut PT SINP PBNA ada Ibu Rose yang mengabdi menjadi kader sejak tahun 1992 di wilayahnya. (adv)

Berita Terbaru