Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kotim Diminta Uji Kualitas Air Sungai Cempaga

  • Oleh Naco
  • 21 September 2017 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rimbun, meminta Dinas Kesehatan menguji kualitas air Sungai Cempaga di Kecamatan Cempaga.

Permintaan itu ia sampaikan lantaran Komisi III baru saja mendapatkan laporan atau keluhan dari masyarakat mengenai kualitas air di Cempaga. "Kita minta Dinkes langsung turun atau nanti bisa langsung bersama kami," kata Rimbun, Kamis (21/9/2017).

Ia menyebut, pengujian kualitas air diperlukan untuk mengetahui tingkat pencemaran yang terjadi. Sehingga ke depan bisa ditetapkan apakah air sungai layak atau tidak digunakan masyarakat.

Rimbun menyebut, jangan sampai pencemaran air tidak diketahui. Sehingga masyarakat menjadi korban. "Harus dicek. Kalau memang benar (tercemar) harus segera disampaikan apakah airnya bahaya atau tidak," kata dia.

Pengujian kualitas air juga diperlukan mengetahui penyebab pencemaran. Mengingat di sekitar kawasan sungai itu banyak berdiri perusahaan besar swasta, khususnya sektor tambang dan perkebunan.

Apalagi baru-baru ini sungai itu sempat tercemar setelah meluapnya CPO yang dibongkar muat di Desa Cempaka Mulia Barat.

"Secepatnya pegawai Dinkes turun ke lapangan agar hasilnya segara diketahui. Karena masalah ini sudah lama terjadi," pinta politisi PDIP ini. (NACO/B-3)

Berita Terbaru