Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IAIN Gelar Nobar Film G30 S PKI

  • Oleh Budi Yulianto
  • 24 September 2017 - 08:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menggelar nonton bareng (Nobar) pemutaran Film G 30 S PKI, Sabtu (23/9/2017) malam. Ratusan mahasiswa antusias menyaksikan pemutaran film berdurasi 45 menit tersebut.

Tidak terkecuali Rektor IAIN, Ibnu Elmi AS Pelu. Hadir pula Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, Agustiar Sabran, Danrem 102 Panju-Panjung, Kolonel Arm M Naudi Nurdika, Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio dan sejumlah pejabat lainnya.

Ibnu mengatakan, dengan digelarnya pemutaran film tersebut, paling tidak mahasiswa dapat mengetahui akar sejarah yang sumbernya dari Tentara Nasional Indonesia. "Jadikanlah film ini membangun Indonesia lebih maju dan utuh," pesan Ibnu kepada borneonews.co.id seusai pemutaran film.

Sementara itu, Mofit mengatakan, terlepas dari pro dan kontra, pemutaran film ini paling tidak bisa dijadikan referensi tentang sejarah bangsa ini. "Anak-anak harus tahu. Kita tinggalkan dulu pro dan kontra. Kemudian biarkan anak-anak muda ini menyaksikan dan mengetahuinya," kata Mofit.

Intinya, lanjut Mofit, seperti yang disampaikan pak Danrem, komunisme adalah bahaya laten yang sangat luar biasa. Dan itu perlu kita antisipasi sejak dini sehingga generasi muda bisa memahami. Dalam arti kata memahami bahayanya.

"Dan kita tidak lagi mengulang sejarah kelam bangsa ini. Itu lah kenapa saya memberikan respek dan apresiasi terhadap IAIN yang menggelar nobar bersama mahasiswa, gubernur dan Danrem," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru