Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disporaparbud Barsel Bentuk Kelompok Desa Sadar Wisata

  • Oleh Uriutu
  • 24 September 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Barito Selatan (Barsel) akan membentuk kelompok desa sadar wisata.

'Kita akan membentuk kelompok desa sadar wisata khususnya bagi desa-desa yang memiliki lokasi wisata di Barsel,' kata Kepala Disporaparbud Barsel Raden Sudarto kepada Borneonews, Minggu (24/9/2017).

Sejumlah desa yang punya lokasi wisata, di antaranya Danau Sadar dan Sanggu di Kecamatan Dusun Selatan dan Palu Rejo di Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya telah mempersiapkan perencanaan yang matang hingga infrastruktur menuju tempat wisatanya, sehingga bisa berjalan sesuai harapan.

Menurutnya, seteleh dibentuk kelompok desa sadar wisata, akan dibuat struktur organisasi sehingga warga nanti akan mengelola sendiri tempat wisata yang berada di wilayahnya.

'Setelah itu kita hanya memberikan pembinaan agar mereka sendiri bisa mengelola tempat pariwisata dengan baik dan benar. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli desa dan PAD Kabupaten,' ucap dia.

Pembentukan kelompok desa sadar wisata bertujuan memajukan tempat pariwisata sehingga berimbas pada meningkatnya perekonomian masyarakat. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru