Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Supriadi MT: Jangan Biarkan Anggaran Mengendap Jadi Silpa

  • Oleh Naco
  • 25 September 2017 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur, Supriadi MT mengingatkan agar anggaran jangan dibiarkan mengendap sehingga menjadi sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa). Anggaran harus digunakan dan dikelola untuk mengakomodasi seluruh kegiatan.

Supriadi menilai, jika jadi silpa maka akan berpengaruh kepada anggaran di tahun berikutnya. Terutama berkaitan dengan dana transfer dari pemerintah pusat seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU)

"Bukan hal mudah bagi pemerintah mengupayakan anggaran untuk jadi sumber pembiyaan pembangunan. Ketika dana itu sudah adam maka hal yang aneh justru anggaran itu dijadikan silpa," kata Supriadi, Senin (25/9/2017)

Apabila anggaran banyak menjadi silpa, lebih baik jangan lagi susah-susah cari anggaran. "Harusnya anggaran yang ada dibelanjakan," tegasnya.

Lain hal jika anggaran itu sulit digunakan seperti DAK Dana Reboisasi (DR) yang digelontorkan melalui pemerintah pusat untuk daerah.

"Karena pos anggaran itu mesti harus melewati proses kehati-hatian dalam pemanfaatannya. Agar tidak mudah terjerumus dalam kasus hukum," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru