Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TP4D Dampingi Dan Kawal Pelaksanaan Program Pembangunan

  • Oleh Uriutu
  • 28 September 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D) Barito Selatan (Barsel), mendampingi dan mengawal pelaksanaan program pembangunan.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Barsel Anjar Satrio mengatakan, TP4D sebagai jawaban atas kekhawatiran pemerintah terhadap pejabat di daerah yang takut salah langkah dan bersentuhan dengan hukum dalam melaksanakan program atau proyek pemerintah.

'Akibat kekhawatiran itu, penyerapan anggaran baik pusat maupun daerah rendah, serta pembangunan pun tersendat,' kata Anjar kepada Borneonews, Kamis (28/9/2017).

Namun, dengan adanya TP4D, nantinya akan mendampingi dan memberikan pengawalan bagi pejabat pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan. Sehingga tidak akan ada lagi ketakutan pada saat melaksanakan program atau proyek pemerintah.

Ia menegaskan, TP4D dipastikan tidak tumpang tindih dalam melaksanakan pengawasan, baik dengan BPK, BPKP, maupun inspektorat. Karena memiliki tujuan yang sama agar tidak terjadi penyimpangan.

Sementara itu, Sekda Barsel Edi Kristianto mengatakan, hadirnya TP4D akan memberikan akselerasi kepada pemerintah agar pembangunan berbagai proyek strategis, mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawaban, bisa berjalan dengan baik dan tidak menyimpang dari aturan.

Pemerintah, lanjut dia, juga merespons kehadiran TP4D dengan melaporkan kegiatan secara berjenjang. Di samping itu, dalam implementasinya TP4D akan bekerjasama dengan Inspektorat untuk melakukan penguatan, sinkronisasi, sinergi, dan kesamaan sikap mengenai teknis operasional kegiatan serta mengidentifikasi daftar permasalahan di satuan kerka untuk diberikan pendampingan dan pendapat hukum.

Diharapkan ke depan, lanjut dia, pejabat tidak ragu lagi dalam melaksanakan pembangunan dan tidak takut terjebak dalam permasalahan hukum. 'Manfaatkan TPAD agar pelaksanaan pemerintaham dan pembangunan di Barsel semakin maju, bersih, dan bebas KKN,' imbau dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru