Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebun Raya Sampit Sudah Bisa Dikunjungi

  • Oleh Noor Annisa
  • 02 Oktober 2017 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Meski masih dalam proses pembangunan panjang, Kebun Raya Sampit yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman km 29 sampai dengan 30 ini sudah bisa dikunjungi untuk sekadar melepas penat di tengah Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kebun Raya Sampit dengan luasan mencapai 600 hektare itu disebut-sebut menjadi yang terbesar di Indonesia. Tentu saja dengan biaya yang tidak sedikit pula. Untuk itu, pemerintah setempat secara bertahap melakukan penataan.

Mulai dari pembuatan DED tahap 1 dan penyusunan dokumen lingkungan kebun raya sudah memasuki tahap lelang di layanan pengadaan secara elekteonik (LPSE) dengan dana mencapai Rp1 miliar.

Sebelumnya, juga sudah dilakukan pengukuhan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) untuk kawasan kebun raya yang mana sekitar 501 hektare masuk kawasan hutan produksi (HP), sementara sisanya Areal Penggunaan Lain (APL). "Kita harapkan tahun ini semuanya sudah beres dan tidak terkendala," ungkap Kepala Dinas DLH Sanggul L Gaol, Senin (2/9/2017).

Saat ini, di Kebun Raya Sampit sudah ada taman kayu komersil, persemaian dan rumah anggrek. Nantinya akan banyak lagi pembangunan fisik maupun taman yang ada di sana.

"Harapannya, pada 2018 nanti semuanya sudah diisi, dengan tumbuhan-tumbuhan dan satwa khas Kalimantan. Seperti pohon meranti, ulin, dan lain-lain. Kalau berdasar inventarisasi LIPI, sejauh ini sudah ada 5 tumbuhan ulin yang berhasil ditanam, ada juga satwa seperti orangutan," ujarnya.

Rencananya, ekowisata terluas ini juga akan menyediakan khusus zona rekreasi, pengunjung bisa bersantai untuk menikmati kebun raya. Selain juga akan ada beberapa zona lain di antaranya pengelolaan dan koleksi. (NOOR ANNISA/B-2)

Berita Terbaru