Awali Triwulan IV Tahun Anggaran 2017, Ini Amanat Wabup Sugiyarto pada SOPD

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 Oktober 2017 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Wakil Bupati Lamandau, Sugiyarto, didampingi Sekda Arifi LP Umbing dan Wakil Ketua DPRD FX Perwiragato memimpin langsung Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) program pembangunan triwulan III tahun anggaran 2017.

Pada kesempatan itu pula, wabup menyampaikan sejumlah amanatnya kepada SOPD pemkab Lamandau dalam upaya mengejar ketertinggalan dalam realisasi dan penyerapan anggaran. "Dengan melihat realisasi keuangan yang sampai akhir triwulan III baru mencapai 51,74 persen, termasuk realisasi fisik baru mencapai 55,23 persen, saya minta agar semua pihak khususnya kepala SOPD untuk memacu pekerjaan," katanya.

Kepala SOPD dan PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan), sambungnya, kami minta untuk memantau perkembangan di lapangan sehingga setiap kendala yang terjadi dapat diatasi. "Pembayaran kepada rekanan dilakukan sesuai progress pekerjaan setelah dilakukan pemeriksaan fisik di lapangan. Termasuk, untuk pengadaan yang dilaksanakan pada APBD Perubahan upayakan batas waktu berakhirnya anggaran itu paling lambat bulan November," pintanya.

Selebihnya, Wabup Lamandau dua periode itu juga mengingatkan agar semua pihak dapat memperhatikan kualitas barang dan hasil pekerjaan yang diserahkan oleh pihak rekanan sehingga barang yang diminta itu betul-betul sesuai.

"Saya juga mengingatkan agar SOPD meng-update data rencana umum pengadaan dan perubahannya pada aplikasi sistem informasi rencana umum pengadaan di web SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan) LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), termasuk setiap SOPD agar meng-update serapan anggaran di monev (monitoring dan evaluasi) online," jelasnya.

Terakhir, kata dia, kami minta semua pihak melaksanakan persiapan lelang jasa konsultasi perencanaan untuk pekerjaan tahun 2018 yang akan datang. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru