Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Buka Festival Marunting Batu Aji

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Oktober 2017 - 18:26 WIB

BORNEONEWS,Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah membuka Festival Marunting Batu Aji dan Festival Kotawaringin Barat (Kobar) Kreatif yang digelar di Pangkalan Bun Park Jumat (20/10/2017). Dalam kegiatan itu, dibacakan pengumuman juara lomba Pawai Nasi Adab 2017.

Hasilnya tim penilai Pawai Nasi Adab yang merupakan salah satu kegiatan HUT ke-58 Kabupaten Kobar tersebut memilih tim Citra Borneo Indah (CBI) Group sebagai juara kedua kategori umum peserta pawai tersebut.

Setelah penyer'han plakat pemenang pada perwakilan juara pertama pada masing- masing kategori, Bupati Kobar Nurhidayah kemudian memberikan sambutan dan membuka festival seni budaya yang digelar selama 4 hari mulai 20 hingga 24 oktober 2017.

"Penyelelenggaraan Festival Marunting Batu Aji dan Festival Kobar Kreatif ini selain merupakan agenda tahunan dalam memperingati HUT Kabupaten Kobar, juga bertujuan untuk menjaga kebudayaan dan kreativitas seni budaya daerah," jelas Bupati.

Menurut Bupati, dalam 40 lomba yang digelar pada festival ini yabg diantaranya adalah lomba karungut, tari tradisional, pertandingan sepak sawut dan masih banyak lagi ini merupakan upaya untuk memghimpun bibit muda yang unggul dalam hak seni budaya.

"Sehingga kedepan kita tidak lagi kesulitan mencari peserta yang mewakili Kabupaten Kobar guna mengikuti lomba ditingkat regional dan nasional, ini juga mempunyai tujuan lain untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Kobar yang bakal menjadi produk unggulan kita kedepan," jelas Bupati.

Pasalnya, lanjut Bupati, Kabupaten Kobar telah memiliki modal kebudayaan dan kearifan lokal bisa menjadi produk kreatif yang tidak bisa ditemukan di negara lain.

"Potensi seni budaya inilah yang akan terus dikembangkan untuk menunjukkan jati diri Kabupaten Kobar. Karena itulah kami berharap peran aktif masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan even budaya yang kita lakukan saat ini," jelas Bupati. (WAHYU KRIDA/B-8)

Berita Terbaru