Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ayah dan Anak Ini Mengaku Keliling Provinsi untuk Obati Epilepsi

  • Oleh Uriutu
  • 22 Oktober 2017 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Masrani (49 tahun) dan anaknya, Santi (20 tahun), warga Jalan Gunung Sari VII/11 Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kalimantan Selatan, mengaku sudah 17 tahun mengayuh sepeda tinjak berkeliling Indonesia. "Sejak tahun 2000 saya dan anak saya mulai keliling Indonesia dengan sepeda tinjak," kata Masrani kepada Borneonews, saat melintasi Kota Buntok, Barito Selatan, Minggu (20/10/2017).

Saat itu, lanjut dia, usia anaknya Santi masih berusia 2 tahun. Kini, anaknya itu sudah berusia kurang lebih 20 tahun. Ia menceritakan, anaknya sejak lahir mengindap penyakit epilepsi dan sudah ditinggal oleh ibunya yang meninggal saat melahirkannya.

Otomatis, lanjut dia, dirinya bekerja sendiri sambil merawat dan menjaga anak bungsunya itu, meski dalam keterbatasan. Sementara anak tertuanya, sudah bekerja dan berkeluarga.

Anak pertamanya itu mau menjaga dan merawat adiknya, namun Santi tidak mau tinggal dengan kakaknya. "Saya berkeliling Indonesia dengan sepeda tinjak hanya ingin mengobati penyakit anaknya," ucap dia.

Ia membeberkan, saat ini sudah 34 provinsi telah mereka berdua jelajahi dengan menggunakan sepeda tinjak itu. Alhamdulilah, lanjut dia, selama 17 tahun diperjalanan tak ada kendala dan hambatan karena tiap kota, kecamatan, hingga desa yang dijelajahi selalu diterima ramah oleh masyarakat. "Kadang-kadang istirahat di tempat warga, masjid, surau dan musala," tuturnya.

Perjalanan ini dirinya mengandalkan belaskasihan warga yang mereka jumpai. Berbagai pulau telah dilalui hanya demi mengobati anaknya. Banyak pengobatan yang dilakukan namun hingga sekarang masih belum ada tanda-tanda kesembuhan.

Saat ditanya setelah dari Buntok akan melanjutkan perjalanan ke mana Dirinya menjelaskan akan ke daerah Tanjung Kalimantan Selatan. Setelah itu pulang ke Banjarmasin sebentar. "Setelah ini saya dan anaknya akan menjelajahi ke Singapora menggunakan sepada tinjaknya," beber dia. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru