Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos PMD Barito Utara Usulkan Mobil Khusus Penderita Pisikotik

  • Oleh Ramadani
  • 23 Oktober 2017 - 17:28 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara mengusulkan mobil khusus untuk pasien penderita pisikotik.

Hingga saat ini Dinsos PMD belum memiliki mobil operasional khusus yang sesuai standar untuk mengantarkan pasien penderita pisikotik ke rumah sakit.

Padahal mobil khusus ini sangat diperlukan, sebab rumah sakit untuk pengobatan penderita pisikotik ini hanya berada di Kota Palangka Raya yakni RSJ Kalawa Atei.

Kepala Dinsos PMD Barito Utara, Sugianto Panala Putra melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Pemberdayaan Kelembagaan dan Komunitas Adat Terpencil, Walter mengaku telah ada mengusulkan ke pemerintah pusat melalui Dinas Sosial Provinsi Kalteng pengadaan mobil tersebut.

Menurut Walter, untuk keamanan pasien penderita pisikotik, harus ada sopir dan tenaga pendamping yang mengantarkan, karena untuk perjalanan Muara Teweh-Palangka Raya memerlukan waktu tempuh sekitar kurang lebih 8 jam.

Dia berharap usulan mobil tersebut dapat diakomodir pemerintah pusat di tahun anggaran 2018, sebab benar-benar sangat dibutuhkan untuk penanganan penderita pisikotik di daerah ini.

Selain itu dia juga mengharapkan dukungan dari DPRD Barito Utara untuk anggaran penanganan penderita pisikotik ini. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru