Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belum Selesai Urusan Lama, Muncul Usulan Kabupaten Katingan Utara

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 27 Oktober 2017 - 10:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Luasnya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang setara satu setengah kali luas Pulau Jawa, termasuk juga kabupaten atau kota di provinsi ini yang masih cukup luas, rupanya masih menjadi sandaran atau dasar munculnya permintaan pemekaran daerah.

Hal itu seakan terus menjadi nilai tawar untuk pengajuan usulan daerah otonom baru (DOB) di Kalteng. Betapa tidak, sudah lama upaya memunculkan usulan Provinsi baru bernama Kotawaringin Raya mekar dari Kalteng, berikutnya juga muncul opsi Barito Raya. Itu di tingkat pemekaran provinsi.

Berikutnya juga ada pemekaran kabupaten, yaitu Kotawaringin Utara (kotara) yang ingin berpisah dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Lalu muncul pula usulan Kabupaten Kapuas Ngaju, mekar dari Kapuas dan Barito Selatan. Belum selesai atau belum goal-nya usulan-usulan pemekaran yang ada ini, malah muncul lagi usulan di Kabupaten Katingan.

'Kelurahan Samba Katung mendukung didirikannya Kabupaten Katingan Utara,' kata Lantas Sinaga, Anggota Komisi A DPRD Kalteng saat menyampaikan hasil resesnya.

Gelombang pemekaran ini seakan tiada hentinya, dan itu tidak hanya di Kalteng saja. Menarik dicermati adalah kenapa bisa terus muncul usulan ini, betulkah hanya karena luas wilayah saja Atau karena imbas dari pelayanan pemerintah yang tidak sampai menjangkau ke mereka yang berada di kawasan terpencil.

Anggota Komisi A lainnya, Fakhruddin  juga menyebut, bisa saja karena rentang kendali yang begitu jauh, sehingga layanan pemerintahan tidak sampai menjangkau akibat buruknya infrastruktur yang terbangun sampai ke sana. Sementara pajak berjalan terus.

'Rentang kendali ini yang selama ini jauh karena geografis, harus didekatkan dengan pelayanan prima kepada warga,' katanya. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru