Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ada Bunyi Alarm saat Kapal Dharma Kencana II Terbakar

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 31 Oktober 2017 - 08:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terbakarnya kapal Dharma Kencana II di 20 mil dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, tepatnya di posisi 05'04'08"S 109'53'97"E sekitar 47 mil utara Karimunjawa sekitar pukul 4.45 WIB, Sabtu (28/10/2017) mengungkap sejumlah fakta mengejutkan.

Berdasarkan pengakuan dari para penumpang kapal Dharma Kencana II, saat kapal yang berada di bawah bendera PT Dharma Lautan Utama itu terbakar, tak ada suara sirine atau alarm kebakaran yang terdengar. Bahkan, para penumpang yang sebagian besar masih tertidur itu mengetahui ada kebakaran di kapal yang mereka tumpangi lantaran dibangunkan oleh para ABK yang menginstruksikan mereka untuk segera mengenakan jaket pelampung (life Jacket).

"Tidak ada suara sirine atau alarm kebakaran, saya aja dibangunkan oleh ABK saat itu," ujar salah satu penumpang yang tidak mau dimediakan identitasnya, saat menggendong anaknya yang berusia tiga tahun.

Para penumpang juga mengungkapkan, kebakaran kapal Dharma Kencana II terjadi akibat adanya korsleting arus listrik dari aki kendaraan roda empat yang tidak dilepas.

"Api berasal dari aki kendaraan roda empat yang tidak dilepas saat berada di dalam kapal," ungkap Bibit salah satu penumpang yang dikonfirmasi awak media.

Untuk diketahui, pihak DLU masih belum bisa dimintai konfirmasi terkait penyebab terjadinya kebakaran Kapal Dharma Kencana II. Pihak managemen DLU Cabang Kumai menegaskan, hal itu bukan kewenangan mereka untuk memberikan keterangan.

Selain itu, terkait dengan posisi keberadaan kapal Dharma Kencana II paskaterbakar pihaknya juga belum bisa memberikan banyak informasi.

"Karena posko posisinya ada di Semarang saya belum bisa memastikan. Posisi saya di sini untuk mengurusi pelanggan (korban) kembali ke rumahnya masing-masing," kata Manager Usaha PT DLU Gede Maharta. (KOKO SULISTYO/B-2)

Berita Terbaru