Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai Katingan Sering Berubah, Petani Keramba Ikan Khawatir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 November 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Air Sungai Katingan di Kabupaten Katingan yang sering berubah-ubah menyebabkan petani/pemilik keramba ikan di Kasongan dan sekitarnya khawatir.

Pasalnya, kondisi air sungai akhir-akhir ini seiring curah hujan tinggi. "Kalau kondisi air sungai keruh ikan keramba kita pasti dalam sehari ada yang mati terutama yang masih berumur kurang dari tiga bulan," tutur Yani salah satu warga kasongan pemilik keramba ikan di sekitar Jembatan Kasongan, Kamis (9/11/2017).

Menurutnya, akhir-akhir ini kondisi air Sungai Katingan dinilai keruh dan berbeda dengan tiga empat tahun lalu. "Akhir-akhir ini kondisi air Sungai Katingan kadang cukup keruh terutama setelah hujan lebat," ujarnya.

Akibat air Sungai Katingan yang keruh sejak beberapa tahun terakhir ini, Yani mengaku jika dirinya tidak membudidayakan ikan jenis emas. Pasalnya ikan emas dinilai tidak tahan dengan kondisi air yang keruh.

"Selama ini yang kita pelihara hanya ikan jenis nila saja, sedangkan ikan emas kita sudah lama tidak memelihara, karena ikan emas rentan dengan air yang keruh," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru