Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penjual Obat di Muara Teweh Diminta Selektif

  • Oleh Ramadani
  • 15 November 2017 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Bebasnya penjualan obat di apotek atau toko obat di dalam Kota Muara Teweh, menjadi perhatian serius anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Lahmudin.

Ia pun mengimbau para penjual obat dapat memilih dan memilah konsumen. Supaya obat yang dijual tidak disalahgunakan. Sebab, ada beberapa jenis obat bisa disalahgunakan untuk membuat efek fly atau mabuk.

Anggota Komisi I DPRD Barito Utara itu juga meminta Dinas kesehatan turun ke lapangan memantau apotek dan toko obat serta menyosialisasikan dan mengimbau agar mereka tidak menjual obat dengan bebas.

Para penjual obat hendaknya tidak hanya asal dagangan laku. Tetapi juga melihat orang yang membeli obat tersebut. Kalau perlu pembeli yang masih berusia muda dan terlihat mencurigakan atau datang dalam keadaan mabuk, hendaknya tidak dilayani.

'Ini perlu disosialisasikan lagi oleh Dinas Kesehatan. Penjual obat tentunya bisa membedakan orang normal dan seperti apa orang yang sedang mabuk. Terhadap pembeli yang datang dalam keadaan mabuk, pihak toko bisa menolak menjual obat kepadanya. Ini dilakukan juga demi kebaikan yang bersangkutan,' kata dia.

Selain itu, diharapkan pula sebelum menjual obat kepada remaja, ditanyakan terlebih dahulu kegunaan obat yang hendak dibeli dan siapa yang akan menggunakannya. Selain itu, penjual juga perlu memberitahukan tentang cara atau aturan pakainya dari obat yang dijual.

'Ini dilakukan untuk antisipasi penyalahgunaan. Sebab bila obat dikonsumsi berlebihan atau disalahgunakan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan pengguna,' tegasnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru