KSOP Ingatkan Kapal Waspada Cuaca Ekstrem di Jalur Pelayaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Desember 2017 - 20:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, Toto Sukarno, mengingatkan kepada seluruh armada angkutan laut untuk memperhatikan cuaca sebelum berlayar. Terutama kapal yang mengangkut penumpang pada arus mudik Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Angkutan baik itu barang maupun penumpang agar memperhatikan cuaca sebelum berangkat. Karena kalau sampai terjebak pada cuaca ekstrem, akan membahayakan keselamatan," kata Toto, Senin (18/12/2017).

DIa mengatakan, pada Desember 2017 hingga Januari 2018 mendatang, cuaca di laut ataupun sungai tidak berubah-ubah, bahkan terkesan ekstrem. Sehingga, bagi seluruh angkutan agar terus melakukan pemantauan cuaca, dan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di masing-masing daerah, untuk mengetahui kondisi cuaca.

"Cuaca ekstrem perlu diantisipasi transportasi laut. Sehingga armada laut khusunya angkutan penumpang, diwajibkan rutin memantau perkembangan cuaca melalui BMKG, sebelum berlayar," kata Toto.

Sementara, dalam arus mudik Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, diperkirakan jumlah penumpang yang bertolak dari Pelabuhan Sampit mengalami penigkatan sebesar 10% dari tahun lalu. Sedangkan untuk jumlah angkutan, yaitu sebanyak 12 call atau kunjungan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru