Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IVA Merupakan Program Rutin BPJS Kesehatan

  • Oleh Ramadani
  • 20 Desember 2017 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) tes gratis untuk kaum perempuan bersuami di Puskesmas Melayu, Kabupaten Barito Utara, Rabu (20/12/2017), merupakan salah satu program rutin BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Dewi Kurnia Wijayati mengungkapkan, IVA bisa dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan pihaknya. Salah satunya di Puskesmas Melayu, Muara Teweh.

Untuk persyaratannya yakni perempuan yang sudah menikah atau telah berhubungan suami istri. Kemudian menjadi peserta dari BPJS Kesehatan supaya semua biaya ditanggung.

'Kegiatan pemeriksaan IVA tes dalam rangka peringatan Hari Ibu ini, dipusatkan di Puskesmas Melayu. Tetapi untuk pemeriksaan IVA tes ini setiap saat bisa dilaksanakan. Jadi silakan datang ke puskesmas-puskesmas atau fasilitas kesehatan lain yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan,' katanya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Barito Utara Bambang Edhy Prayitno, menuturkan bahwa IVA dilakukan untuk memberi perlindungan kesehatan reproduksi perempuan, dengan mendeteksi dini alat reproduksinya.

'Karena angka kematian perempuan banyak karena penyakit kanker payudara dan leher rahim,' tutur dia. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru