Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Status Kawasan Masih Jadi 'Batu Sandungan' Pembangunan Daerah

  • Oleh Naco
  • 22 Desember 2017 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Persoalan status kawasan masih menjadi batu sandungan pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur. Imbasnya, eksekusi program selalu terhambat. Maka dari itu, DPRD Kotim mendesak pemkab melalui tim khusus memprioritaskan pinjam pakai untuk akses infrastruktur.

"Seperti membuka akses jalan menuju Desa Tanah Putih dari Desa Runting Tada, Kecamatan Telawang," kata Ketua Komisi II DPRD Kotim, Rimbun, Jumat (22/11/2017).

Menurut Rimbun pembukaan akses jalan tersebut sudah dilakukan beberapa tahun silam. Namun, dalam perjalanannya terbit Surat Keputusan (SK) Menteri Kehutanan ( Menhut) nomor 529 sehingga pembangunannya tidak bisa dilanjutkan.  "Padahal sudah ada badan jalan beberapa kilometer itu," kata Rimbun.

Diakuinya, proses pinjam pakai kawasan untuk akses jalan itu harus dilakukan cepat. Mengingat warga di sana selalu mendesak. Selain itu, selama ini warga selalu mengandalkan akses melalui jalur perkebunan sawit.

Meski ada jalan perusahaan, tentu tidak seperti jalan milik pemerintah, tentunya penggunaannya juga dibatasi melewatinya. Inilah yang menjadi kendala.

Keluhan itu, kata Rimbun, sudah ada sejak lama. Maka dari itu momentum dibentuknya tim urusan pinjam pakai kawasan hutan ini harus mampu menyelesaikan persoalan itu.

Sebab, sampai kapan pun masyarakat tidak bisa membangun ruas jalan yang masih masuk dalam kawasan hutan. Meskipun anggaranya tersedia karena eksekusinya tidak akan ada yang berani. Apalagi, sanksinya itu adalah pidana. (NACO/B-11)

Berita Terbaru