Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perang Baliho Balon Bupati Wakil Bupati Katingan Mulai Terjadi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Desember 2017 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Perang baliho ataupun spanduk bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati di pilkada Katingan 27 Juni 2018 mulai terjadi.

Pasalnya sejak sebulan terakhir baliho maupun spanduk bergambar pasangan calon ini mulai banyak terpampang di sejumlah sudut Kota Kasongan. Selain di Kasongan Ibukota Kabupaten Katingan, baliho dan spanduk ini juga marak di ibukota kecamatan maipun desa-desa.

Menurut pantauan Borneonews, Minggu (24/12/2017), sejumlah baliho dan spanduk itu rata-rata terpampang di tepi jalan, termasuk Jalan Trans Kalimantan. Selain itu, tidak jarang baliho berdiri di halaman rumah warga dan lahan-lahan kosong.

Baliho bergambar bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati yang terpampang itu ukurannya bervariasi. Ada yang besar, sedang hingga kecil.

Menanggapi maraknya baliho bergambar balon itu , warga Kasongan tidak mempermasalahkannya. Pasalnya, baliho tersebut sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat.

"Kita menyambut baik dengan makin banyaknya baliho ataupun spanduk bergambar bakal calon bupati dan wakil bupati itu, sebab dengan adanya gambar-gambar calon itu masyarakat bisa memilih calon yang terbaik," kata Mulyadi warga Kasongan.

Sementara menurut Wawan, warga Kasongan lainnya memgaku jika baliho ataupun spanduk bergambar balon itu yang banyak terpampang di sejumlah sudut Kota Kasongan belum tentu menjadi kontestan di pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang.

Pasalnya, KPU sebagai penyelenggara pilkada hingga saat ini masih belum menetapkan para calon yang akan bersaing nantinya. Menurut catatan Borneonews, hingga saat ini baru Partai Golkar dan Nasdem yang telah menentukan jagonya yang akan ditarungkan di pilkada Katingan 27 Juni 2018 itu. Keduanya mengusung pasangan Surya - Winda Natalia.

Sementara partai lainnya, yang memiliki kursi di DPRD Katingan, seperti PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, Hanura, Demokrat, dan PKPI sampai saat ini belum menentukan siapa calon mereka yang bakal diusung.

Sementara dari jalur independen ada tiga pasangan calon yang sebelumnya menyerahkan dokumen syarat calon ke KPU, mereka adalah pasangan Nikodemus - Muliani, kemudian pasangan Fahmi Fauzi - Maspek J Garang, dan pasangan Kornelis - Suryadi.

Ketiga pasangan calon saat ini masih menunggu hasil verifikasi faktual oleh KPU guna menentukan apakah mereka bisa ikut kontestan atau tidak.

KPU Katingan sendiri mulai membuka pendaftaran bakal calon, baik dari jalur perseorangan maupun yang diusung partai, yakni mulai tanggal 8 hingga 11 Januari 2018 mendatang.(ABDUL GOFUR/B-8).

Berita Terbaru