Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Libur Tahun Baru, Obyek Wisata Bukit Batu Katingan Bakal Disesaki Wisatawan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Desember 2017 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Obyek wisata Bukit Batu di Kota Kasongan Kabupaten Katingan diprediksi bakal disesaki wisatawan pada liburan tahun baru 1 Januari 2018 mendatang. Pasalnya, sejauh ini Bukit Batu yang merupakan bekas pertapaan pahlawan nasional yang juga Gubernur Kalteng pertama Tjilik Riwut pada zaman penjajahan dulu, selalu ramai dikunjungi warga pada hari libur Minggu. Bahkan di hari libur peringatan hari besar keagamaan, maupun tahun baru, pe gunjung Bukit Batu terus membeludak.

Obyek wisata Bukit Batu yang berada di Desa Bukit Batu Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan sejauh ini menjadi andalan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) itu dalam hal peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).Lokasinya yang persis berada di tepi Jalan Trans Kalimantan cukup strategis untuk memancing pengguna jalan baik arah Sampit maupun Palangkaraya untuk singgah.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Katingan Mido S Mahar kepada Borneonews, Minggu (24/12/2017) mengakui jika Bukit Batu sejauh ini adalah andalan Kabupaten Katingan dibanding obyek wisata lainnya. Selain ada beberapa batu ukuran besar termasuk bekas persembunyian Tjilik Riwut, di lokasi Bukit Batu ini juga ada sebuah sumur yang dinilai keramat.

Sebenarnya, kata Mido S Mahar, di Katingan sejauh ini banyak sekali obyek wisata lainnya, terutama yang belum tergali dan terekpose ke media. Di Kasongan saja, kata dia selain Bukit Batu juga ada Desa Budaya di Dusun Betung Desa Tumbang Liting. Lainnya di beberapa wilayah kecamatan, seperti Kamipang ada Danau Tasik, Tumbang Samba ada Danau Mare dan Riam Mangkikit,.

Selain itu ada pula Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka dan juga Taman Nasional Sebangau. Bahkan di Taman Nasional Sebangau terdapat Bukit Bulan. Belum lagi termasuk Taman Hijau di halaman kantor bupati dan Taman Religi di sekitar Jembatan Kasongan. (ABDUL GOFUR/B-8).

Berita Terbaru