Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar 'Kencang' Usulkan Bandara Baru

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 25 Desember 2017 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Nurhidayah 'kencang' mengusulkan pembangunan bandara baru di wilayahnya. Ini dalam rangka menggaet kemudahan menuju destinasi wisata di daerah tersebut.

Usulan pembangunan bandara baru itu dimasukkan dalam program prioritas pada pemerintah pusat yang diajukan Nur Hidayah. Meskipun bandara yang ada sekarang (Lanud Iskandar) juga masuk dalam usulannya yang disampaikan kepada Penasehat Menteri Pariwisata RI, Laksamana TNI (Purn) Dr Marsetio saat hadir di Palangka Raya.

"Peningkatan kelas bandar udara Iskandar (apron, runway, terminal penumpang), pembangunan bandara baru, promosi pariwisata dan branding pariwisata," terang Nurhidayah.

Ia juga membeberkan detail peta lokasi baru yang digadang menjadi Bandara baru untuk Kobar. Yaitu Desa Sebuai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar.

Tidak hanya soal bandara baru, Nurhidayah juga menekankan pentingnya akses menuju ke sana. Ada tiga rute yang menjadi pilihan untuk dikerjakan dalam rangka menunjang Bandara.

'Yaitu Pangkalan Bun-Kumai-Kubu-Teluk Bogam. Lalu dari Pangkalan Bun-Kumpai Batu Atas-Sebuai-Teluk Bogam. Dan Pangkalan Bun- Kumpai Batu Bawah-Teluk Bogam.'

Sementara Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memberikan alternatif pembangunan di Kobar khusus mengenai bandara. "Perpanjang runway Bandara milik AURI itu, atau sekalian bikin bandara baru. Runway harus diperpanjang hingga 2.800 ' 3.000 meter, agar bisa buka akses penerbangan internasional,' tandas gubernur. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru