Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ditegur Bupati Jangan Buang Sampah Sembarangan, Malah Dijawab Ada Saja Nanti yang Bersihkan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Desember 2017 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kesadaran sejumlah masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), khususnya di Sampit dalam membuang sampah masih sangat rendah. Bahkan saat Bupati Supian Hadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) sendirian keliling kota, dan menegur seorang perempuan yang membuang sampah ke dalam selokan, dia justru menjawab, "Biar saja Pak. Ada saja nanti petugas yang bersihkan."

"Dengan jawaban tersebut sebenarnya saya keget. Namun karena perempuan, saya beri masukan saja agar tidak lagi membuang sampah sembarangan," ujar Supian, saat menceritakan hal itu ketika sambutan pada rapat evaluasi akhir tahun 2017 di Gedung Serbaguna Sampit, Rabu (27/12/2017).

Jawaban tersebut didapatkan Supian pada saat dirinya berkeliling kota dengan menggunakan sepeda motor. Saat itu ia melihat ada seorang perempuan yang dengan sengaja membuang sampah ke dalam selokan. Setelah itu, bupati langsung berbincang dan mengatakan bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Namun bupati justru mendapatkan jawaban bahwa ada saja petugas yang nantinya membersihkannya. Walaupun begitu, Supian tetap memberikan pemahaman kepada perempuan tersebut agar tidak lagi mengulangi perbuatannya.

Imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan sudah sering diutarakan oleh bupati kepada masyarakat. Itu agar musibah banjir akibat drainase mampet karena tumpukan sampah tidak lagi terjadi di Sampit.

Namun, seakan-akan imbauan tidak dihiraukan oleh sejumlah masyarakat. Karena masih banyak warga yang tidak tahu-menahu membuang sampah seenaknya saja.

Bahkan tempat pembuangan sampah (TPS) yang ada terkadang hanya jadi pajangan, karena masih saja masyarakat sembarangan dalam membuang sampahnya.

"Kalau banjir, pemerintah yang disalahkan. Padahal kami sudah membongkar drainase, dan menyediakan TPS. Namun masih ada saja masyarakat yang membuang sampah sembarangan," kata Supian.

Ia berharap masyarakat harus sadar dan menjaga lingkungan sekitar mereka agar tidak membuang sampah sembarangan. Karena yang terkena dampaknya bukan hanya diri sendiri, namun juga orang banyak. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru