Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Geng Pelajar Harus Diredam, Satpol PP dan Dinsos Harus Bentuk Tim

  • Oleh Naco
  • 29 Desember 2017 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur Rimbun meminta agar Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kotim segera membentuk tim untuk meredam keberadaan geng pelajar di daerah ini.

"Harus ada langkah konkrit yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Masalah ini akan berlarut-larut jika tidak segera diatasi," kata politisi PDI Perjuangan itu, Jumat (29/12/2017).

Menurut Rimbun, geng pelajar ini merupakan penyakit masyarakat yang harus dicari jalan keluarnya. Tidak bisa masalah ini semata-mata dititikberatkan kepada aparat kepolisian saja, namun bagaimana mereka diberi pembinaan agar tidak terjerumus pada tindakan seperti itu.

Anak-anak yang tergabung dalam geng tersebut harus diberikan pembinaan, jangan sampai nantinya tindakan yang mereka lakukan itu mengarah pada tindak pidana berat. Peran para orang tua serta sekolah sangat penting agar masalah ini menjadi tugas bersama mencari jalan penyelesaiannya.

"Satpol PP harus rutin melakukan kegiatan, terutama di jam-jam malam, tempat nongkrong geng tersebut harus dibubarkan," tegasnya.

Geng pelajar, menurut Rimbun, merupakan awal munculnya masalah besar, karena bisa saja nantinya mereka tawuran menggunakan senjata tajam. "Saat ini mereka menggunakan kayu, gir segala macam, bisa saja nanti menggunakan pisau, dan lain sebagainya, ini yang harus dihindari," ucapnya.

Jika petugas mengamankan geng tersebut, Rimbun berharap para orang tua mereka dipanggil, biar mereka tahu seperti apa tindakan anak mereka. Karena bisa saja orang tua tidak tahu dengan prilaku anak-anaknya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru