Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bentang Jembatan di Sampit-Pangkalan Bun Km 105 yang Terputus 16 meter

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 30 Desember 2017 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Panjang bentang jembatan jalur Sampit-Pangkalan Bun di Jalan Jenderal Sudirman Km 105 Desa Rungau Raya, Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan, mencapai 16 meter.

Hal ini berdasarkan perhitungan teknis dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Tengah (Kalteng), pasca ambruknya jembatan tersebut usai disapu arus sungai saat hujan deras pada Jumat (29/12/2017) malam.

Hal tersebut pula yang mendasari Dinas Kehutanan (Dishut) Kalteng untuk melayangkan permintaan kepada perusahaan kehutanan pemegang IUPHHK-HA untuk bantuan kayu bulat guna pembuatan jembatan darurat di samping lokasi jembatan ambruk tersebut.

'Panjang bentang jembatan yang terputus sesuai informasi dari Dinas PUPR Kalteng adalah 16 meter. Ini dasar kita minta bantuan perusahaan agar mengupayakan pemenuhan kayu bulat keras sebanyak kuang lebih 15 batang sepanjang 16 meter tersebut,' terang Kepala Dishut Kalteng, Sri Suwanto kepada Borneonews, Sabtu (30/12/2017) malam.

Permintaan bantuan kayu bulat untuk jembatan darurat di ruas jalan nasional Sampit-Pangkalan Bun itu dilayangkan secara resmi oleh Sri Suwanto bernomor 522.1.200/4083/Dishut kepada Direktur PT Sarmiento Parakantja Timber (Sarpatim).

Juga ditembuskan kepada Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, sebab berkenaan dengan penggunaan kayu. Terlebih pengerjaan jalan dan jembatan nasional ini kewenangannya berada di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru