Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mantap, Sugianto Kawinkan Ekowisata dan Wisata Bahari di 2018

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 01 Januari 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran bersiap mengawinkan dua model wisata dalam rangkaian kesatuan destinasi, yaitu wisata laut atau wisata bahari dan wisata hutan alam atau ekowisata.

Ia ingin menggarap wisata bernilai strategis di daerah lebih fokus lagi pada 2018, sebab keduanya merupakan wisata yang lebih menjual dan memiliki daya tarik yang khas di Kalimantan yang bsia saja tidak dimiliki daerah lain.

Setidaknya ada dua modal besar yang dimiliki, yaitu Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan Seruyan. Dan Taman Nasional Sebangau (TNS) di Kota Palangka Raya, Katingan dan Pulang Pisau.

Kedua Taman Nasional ini memiliki eksotisme hutan dan flora faunanya yang masih alami, serta belum banyak di eksplore terutama TNS yang dikenal dengan wisata air hitamnya.

'Kita menuju ke ekowisata yaitu TNS dan TNTP langsung sekaligus. Kemudian karena di bagian selatan Kobar ada pantai Gosong Senggora maka kita tangani menjadi wisata bahari. Jadi kita kawinkan wisata laut dengan ekowisata atau wisata hutan,' terang Sugianto, Senin (1/1/2018) dini hari tadi.

Ia berharap ada dana masuk dari pemerintah pusat melalui kucuran APBN, dan beberapa program inovatif lainnya dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Aplaagi beberapa hari yang lalu, penasihat Menpar RI datang ke Palangka Raya untuk diskusi soal pengembangan wisata di Istana Isen Mulang, yang dihadiri Bupati Kobar Nur Hidayah dan dua Kepala Taman Nasional itu. (ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru