Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disarpustaka Kapuas Ajak Komunitas Tingkatkan Bisnis dengan Memanfaatkan Media Sosial

  • Oleh Hamdi
  • 02 Januari 2018 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Media sosial (medsos) ternyata tidak hanya untuk komunikasi dan informasi. Lebih dari itu, medsos memiliki manfaat yang cukup strategis untuk memasarkan produk-produk berupa barang ataupun jasa.

Hal ini pastinya sangat manfaat bagi para komunitas, organisasi, lembaga serta masyarakat dalam rangka untuk membuka dan mengembangkan bisnis yang handal dan berkelanjutan.

"Kita ingin ke depan, hasil-hasil dari produk komunitas-komunitas yang tergabung dalam Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas bisa memajukan dan mengembangkan usaha-usaha kreatif mereka dengan memanfaatkan medsos," kata Kepala Disarpustaka Kapuas Hj Nor Apiati kepada Borneonews, Selasa (2/1/2017).

Disamping itu, berdasarkan hasil kajian dan pembahasan bersama PusPen KEB (Pusat Penerapan Kewirausahaan, Ekonomi dan Bisnis) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, peningkatan kapasitas bisnis pada aktivitas usaha yang hidup di masyarakat sangatlah penting. "Terutama bagi praktisi usaha, yayasan, ormas, LSM, karang taruna, komunitas masyarakat, dan khalayak sasaran lainnya yang relevan," tambahnya.

Di samping juga PusPen KEB ULM bersedia memberikan bimbingan untuk mengembangkan usaha bagi calon wirausahawan ataupun yang sudah memiliki usaha. Baik itu dari praktisi wirausaha, yayasan, ormas, LSM, karang taruna, komunitas masyarakat, dan khalayak sasaran lainnya yang relevan.

"Salah satu cara untuk mengembangkan wirausaha ini yakni dengan memanfaatkan media online, maka perlu kita lakukan pengkajian lebih detail agar komunitas-komunitas yang tergabung dalam Disarpustaka ini bisa lebih memajukan dan mengembangkan usahanya, yakni dengan bantuan dari PusPen KEB ULM," sambungnya.

Berbagai macam kegiatan Disarpustaka sampai saat ini terus disponsori oleh Coca-cola Foundation (CCFI) melalui program PerpuSeru sehingga nampak Disarpustaka Kapuas terlihat cukup maju dan progresif dari sebelumnya. "Dan tak lupa juga kita mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas."

Berbagai macam usaha yang dimiliki para komunitas di Perpustakaan tersebut, salah satunya yang cukup laris yakni produk Keripik Kelakai. "Nah dengan mengembangkan pemasarannya melalui Medsos, kita harapkan ini bisa berkembang dengan pesat, saat ini produk keripik kelakai cukup dikenal dan disukai masyarakat," katanya.

Disamping juga produk kerajinan tangan seperti bunga dari sabun, tas kulit sintetis dan permen jely dari buah nanas juga diharapkan bisa berkembang berkat kerjasama dan bantuan dari PusPen KEB ULM tersebut, dengan melakukan pemanfaatan medsos.

Bagi istri Wakil Bupati Kapuas ini, memajukan Kabupaten Kapuas dan Perpustakaan tidak cukup dengan hanya membaca buku, akan tetapi lebih kepada penerapannya. "Kita yakin dengan adanya perpustakaan ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat," pungkasnya. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru