Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Human Error Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Lalu Lintas Selama 2017

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 Januari 2018 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lamandau memastikan pemicu utama terjadinya kecelakaan lalu lintas di Bumi Bahaum Bakuba didominasi oleh kesalahan manusia atau human error. Karenanya, tidak mengherankan bila kecelakaan kerap terjadi dalam bentuk pristiwa tunggal.

Demikian disampaikan Kasatlantas Polres Lamandau AKP Zulyanto L Kramajaya saat dimintai konfirmasi, Selasa (2/1/2018).

"Penyebabnya masih didominasi persoalan human error. Artinya, ketidakhati-hatian pengendara itulah yang justru seringkali jadi pemicu lakalantas, mulai dari ngebut dan ugal-ugalan, serta tidak menguasai medan," sebutnya.

Tidak jarang, sambung dia, pengendara yang mengalami kecelakaan tidak dalam kondisi normal, misalnya dipengaruhi minuman beralkohol dan sejenisnya.

"Adapun penyebab lain di antaranya, kondisi medan atau jalan. Pengendara kerap melaju dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba dihadapkan dengan kondisi jalan rusak yang tidak bisa dihindari."

Selebihnya, Zulyanto menyebut, persoalan safety riding yang masih kerap diabaikan. Baik keamanan pada kendaraan bermotor maupun si pengendara.

Diberitakan sebelumnya, jumlah dan korban kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Lamandau selama 2017 cenderung mengalami penurunan. Jika pada 2016 terjadi 26 kecelakaan, pada 2017 turun menjadi 23 kecelakaan. Jumlah korban meninggal dunia juga turun dari 12 orang menjadi 10 orang. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru