Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejar Serapan Anggaran, Proyek Harus Mulai Dilelang

  • Oleh Naco
  • 02 Januari 2018 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli mengingatkan pemkab melalui SOPD teknis agar melaksanakan lebih awal lelang pekerjaan tahun anggaran 2018. Hal itu penting dan mempengaruhi serapan anggaran.

"Belajar dari pengalaman di tahun 2017 tadi, banyak proyek yang dikerjakan dengan mendekati batas akhir. Pengerjaannya terburu-buru. Sebab, pelelangan dari pemerintah sangat terlambat," kata Jhon, Selasa (2/1/2018).

Bahkan ada yang melelang kegiatan di semester kedua. Kejadian ini jangan sampai terulang. "Kontraktornya bekerja siang malam dikejar batas waktu, masalah ini harusnya bisa diantisipasi agar tidak terulang," kata Ketua DPRD Kotim.

Jhon mengakui, pelelangan awal tahun itu juga dalam rangka memperbaiki serapan anggaran di Kotim. Sebab dari tahun sebelumnya serapan cenderung melamah di semester satu. 

Alangkah baiknya menurut Jhon lebih cepat, mengapa mesti ditunda-tunda kalau memang sudah siap dilelang. "Tidak usah menunggu yang seharunya sudah layak untuk dilelang. Inilah lemahanya pemerintah kita di Kotim. Suka menunda hal yang memiliki pengaruh terhadap serapan anggaran," tegasnya.

Jhon mendukung agar pelelangan kegiatan dilakukan transparan. Dia menegaskan agar tidak ada lagi kisruh dalam pelelangan kegiatan akibat intervensi dari oknum tertentu. (NACO/B-11)

Berita Terbaru