Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PUPR Kalteng Beberkan Penyebab Ambruknya Jembatan Sei Rungau

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 02 Januari 2018 - 23:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Ambruknya jembatan Sei Rungau di ruas Jalan Jenderal Sudirman Km 105 Desa Rungau Raya, Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan pekan lalu dugaan yang mencuat adalah akibat diterjang arus sungai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Leonard S Ampung, menyebutkan sejumlah dugaan. Diantara sebabnya, kata Leo, ada beberapa hal mulai dari kendaraan angkutan yang melintas melebihi tonase, karena curah hujan yang tinggi sehingga abrasi bibir sungai yang menyebabkan penahan jembatan ambrol, hingga usia jembatan.

'Beban kendaraan melintas juga sering berlebihan, dan usia jembatan. Kalau tidak salah jembatan itu dibangun 1994-1995. Ditambah lagi tergerus akibat hujan, akhirnya pertahanan jebol,' sebutnya, Selasa (2/1/2018).

Dia mengatakan, untuk penanganan secara permanen perlu waktu lama, sebab nantinya jembatan tersebut akan diganti secara keseluruhan. Penanganan saat ini hanya bersifat sementara.

Sedangkan penanganan permanen akan diprioritaskan di 2019, mengingat perlu waktu untuk penanganan secara keseluruhan. Karena jembatan harus didesain dulu dan memakan waktu, selain adanya wacana jembatan tersebut akan ditingkatkan, mulai dari lebar hingga kapasitasnya.

'Saat ini, pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional sudah turun ke lapangan untuk mendesain pembangunan jembatan tersebut. Karena inikan jembatannya didesain dulu dan perlu waktu, jadi tahun depan baru permanen. Rencananya jembatan tersebut akan ditingkatkan, sekarang kemungkinan 6 meter nantinya bisa menjadi 9 meter,' beber Leonard.

Ia juga tidak bisa menggambarkan berapa kebutuhan anggarannya, mengingat pihak Balai masih belum selesai mendesain pembangunan jembatan permanen. Kalau sudah didesain, pasti kelihatan berapa anggaran yang diperlukan. Namun hasil perkiraannya, kalau diperlebar 9 meter, di kisaran Rp 25 miliar. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru