Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur: Provinsi Kalteng Harusnya Iri dengan Kota Bandung

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Januari 2018 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Provinsi Kalimantan Tengah harusnya iri dengan Kota Bandung, Jawa Barat.

"Pemerintah Kota Bandung itu, wilayahnya kecil, angka APBD-nya hampir Rp7 triliun per tahun. Kita di Kalteng ini, yang lebih luas wilayahnya dan lebih melimpah sumber dayanya, hanya segini-segini saja, harusnya kita ini iri dengan mereka. Ayo perbarui kinerja!" tegas Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat memberikan penekanan kepada pejabat eselon II dan III di ruang Eka Hapakat Lantai 3 Kantor Gubernur.

Selama ini, jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) dinilai kurang kreatif dan inovatif menjaring penerimaan daerah. Akibatnya, APBD Kalteng hanya di kisaran Rp4 triliun.

'Kalau cara berfikir dan cara bekerjanya begini-begini saja, mikir rutinitas saja, bikin gerigitan tahu nggak. Perlu kerja cerdas dan cerdik, bukan hanya pintar. Biasakan inovatif, ini yang harus kita upgrade terus,' tambahnya.

Salah satu gebrakan Gubernur yang ingin di jalankan jajarannya, adalah bagaimana sinergitas antarkepala dinas dan badan dibangun dengan sungguh-sungguh dan tidak ego sektoral. Satu contoh adalah bagaimana sinergis menjual pariwisata Kalteng.

"Mulai sekarang biasakan selalu sinergis. Kuasai pariwisata Kalteng. Misalnya Taman Nasional Sebangau, dikeroyok. Dinas PUPR bikin jalan, Dinas ESDM bagian penerangannya, Dinas Pariwisata bikin konten jualannya, dan seterusnya dinas lainnya berbuat apa," perintah Sugianto. (ROZIQIN/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru