Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerukunan Antar Umat Beragama di Kotim Terjalin Baik

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Januari 2018 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke 72, Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar upacara, Rabu (3/1/2018). Salah satu tujuannya, untuk menyebarkan kerukunan antar semua umat beragama.

Hal tersebut disampaikan Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor saat memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti ke 72. Dia berharap agar kerukunan dan kehidupan umat beragama di Kotim bisa lebih baik lagi.

"Kotim merupakan daerah yang berbagai macam agama dan suku. Kehidupan dan kerukunan antar umat tetap terjalin dengan baik," ujar Halikin.

Halikin berterimakasih kepada kemenag, karena sudah menghadirkan seluruh pemuka agama di Kotim dalam upacara Hari Amal Bakti ke-72 tersebut. Hal itu menunjukkan Kotim mengutamakan kerukunan umat beragama, tanpa berpihak dan membeda-membeda-bedakan.

Bahkan pemerintah daerah sendiri saat ini sudah membangun empat rumah ibadah daei berbagai agama di suatu lokasi, yakni di Kecamatan Antang Kalang. Yakni, rumah ibadah umat Islam, Kristen, Hindu Kaharingan, dan Khatolik. Semua bangunan sangat berdekatan dan berdampingan.

"Itu merupakan wujud kerukunan antar umat beragama di Kotim ini. Sehingga dengan adanya hal itu, maka diharapkan kerukunan umat di Kotim tetap terjaga dan tidak terpecah belah," kata Halikin.

Kemenag juga merupakan sebagai payung seluruh umat dari berbagai agama dan kepercayaan yang ada. Sebab, Kemenag tidak hanya menangai urusan satu agama, melainkan seluruh agama yang ada di Indonesia, khususnya di Kotim. Salah satu langkah konkretnya, misal dengan melakukan kegiatan bakti sosial ke sejumlah tempat ibadah di Kota Sampit.

'Makanya dalam Amal Bakti, kami ke masjid, ke gereja, ke wihara,dan ke balai basarah. Karena tujuan kami adalah, saling bertoleransi dalam menebarkan kedamaian. Karena kemenag itu milik semua agama,' kata Kepala Kantor Kemenag Kotim, Samsudin.

Sejumlah kegiatan bertema sosial dilakukan dalam rangkaian Amal Bhakti ke-72 Kemenag, di antaranya lomba manasik haji, ziarah makam pahlawan, senam sehat keluarga, khitan massal dan donor darah. Semua kegiatan tersebut berlangsung sukses, bahkan salah satu kegiatan seperti khitan massal pesertanya melebihi dari target yang ditetapakan. (MUHAMMAD HAMIM/B-``)

Berita Terbaru